BERITA

Sidang Isbat Bulan Ramadhan 2020 dan Pantauan Hilal Dilaksanakan Tanggal 23 April

Siocong.com – Sidang Isbat Bulan Ramadhan 2020 dan Pantauan Hilal Dilaksanakan Tanggal 23 April. Sisa Menhitung hari, umat muslim hendak melangsungkan ibadah puasa ramadhan, apakah penetapan 1 Ramadhan 1441 bertepatan pada 23 maupun 24 April Bulan Ramadhan 2020 ? penetapan bertepatan pada 1 Ramadhan 1441 H ini bakal dicoba pada persidangan isbat yang diselenggarakan Kementrian Agama ataupun Kemenag.

Bulan Ramadhan 2020
Jadwal Puasa tahun 2020

Persidangan isbat tersebut diselenggarakan lewat teleconference. Perihal ini terpaut terdapatnya pandemi virus corona di Indonesia. Persidangan isbat ini bakal menggunakan teknologi teleconference, sehingga partisipan atau media tidak butuh muncul di departemen agama, “kata dirjen bimas islam Kamaruddin Amin”

Pada persidangan isbat ini, hendak dipaparkan posisi hilal dini Ramadhan 1441 H, setelah itu, bakal terdapat persidangan dalam tahap tertutup. Sesudah itu bakal diumumkan persidangan isbat soal penetapan dini puasa 1 Ramadhan. Penguguman ini dicoba secara terbuka yang dapat ditonton lewat link live streaming serta media sosial Kemenag.

Terdapat pesan edaran dari departemen Agama ataupun Kemanag soal panduan ibadah Ramadhan serta Idul Fitri buat tahun ini. Pesan edaran tersebut diterbitkan Menteri Agama Fachrul Razi pada 6 April 2020. Perihal ini berkenaan dengan keadaan Indonesia yang tengah dilanda pandemi virus corona ataupun Covid – 19. Mewabahnya virus corona di Tanah Air membuat ruang gerak publik terbatas, demi meminimalisasi serta menghindari penyebaran Covid – 19.

Oleh sebab itu terdapat sebagian poin terpaut panduan ibadah Ramadhan serta Idul Fitri 1441 H dalam pesan edaran tersebut. Mulai dari soal sholat tarawih, tadarus Al-quran, sampai zakat, serta sholat Idul Fitri. Tertera pula sahur serta buka puasa.

Berikut ini adalah isi pesan dari Kemenag Nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah Bulan Ramadhan 2020 serta Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi wabah Covid- 19 :

  • Umar islam diharuskan melaksanakan ibadah puasa dengan Baik bersumber pada syarat fiqih ibadah.
  • Sahur serta buka puasa sebaiknya dilakukan secara sendiri ataupun dengan bersama keluarga dirumah, sebaiknya tidak melakukan sahur on the road ataupun buka puasa bersama.
  • Sholat tarawih dilakukan secara individual ataupun berjamaah bersama dengan keluarga dirumah.
  • Buka puasa bersama yang baik dilaksanakan di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid ataupun mushala ditiadakan.
  • Peringatan Nuzulul Qur’an dalam wujud tablig dengan memperkenalkan penceramah serta massa dalam jumlah besar baik di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid atapun mushala ditiadakan.
  • Tidak melaksanakan di 10 malam terakhir bulan Ramadhan di masjid/mushala.
  • Penerapan Sholat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah, baik di masjid ataupun dilapangan ditiadakan, buat itu diterbitkan fatwa MUI menjelang waktunya.
  • Tidak dianjurkan melaksanakan aktifitas sebagai berikut :

1. Sholat Tarawih keliling

2. Takbiran keliling. Takbiran hanya dilakukan di masjid/mushala dengan menggunakan pengeras suara

3. Pesantren kilat, dilakukan via media elektronik.

  • Silaturahmi ataupun halal bihalal yang umum dilaksanakan kala hari raya Idul Fitri, dapat dicoba lewat media sosial serta video call/conference

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close