Belajar SEOSEO TOOLS

Cara Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools

Cara Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools Jika Anda meiliki blog dan ingin diperkenalkan ke publik melalui perantara mesin pencarian, hal pertama dan masih ampuh hingga saat ini adalah teknik Sitemap Blog.

Cara Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools

Sitemap merupakan pemetaan web/situs ke dalam mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex, dan lain-lain. Ketiga mesin pencarian yang disebutkan tadi memiliki fasilitas sitemap untuk memperkenalkan Website atau Nlog agar cepat terindeks di mesin pencarian. Teknik ini termasuk dalam ketegori SEO off Page.

Baca Juga : 2 Teknik Ampuh Mempopulerkan Website Secara Cepat

Sistem sitemap ini pengguna dapat mendaftarkan Blog menggunakan formal XML-nya. Pada saat ini, cukup mudah menentukan XML blog dan tidak terlalu sulit untuk membuat sitemap Blog. Baik yang masih menggunakan URL subdomain Blogger atau yang sudah di costum domain menggunakan domain pribadi. Penulisan alamat sitemap blog Anda misalkan seperti https://namablog.com/sitemap.xml.

Google adalah mesin pencarian yang paling populer pada saat ini, sehingga rugi rasanya jika Anda tidak melakukan sitemap ke Google Webmasters.

Berikut ini langkah-langkah Cara Sitemap Blog ke Google Webmasters Tools:

  1. Masuk ke dalam Google Webmasters dengan alamat google.com/webmasters. Pastikan pula Anda memiliki akun Gmail supaya dapat langsung masuk ke dalam akun Webmasters.
  2. Pada bagian kolom website, isikan nama website milik Anda, seperti http://namaweb.com lalu tekan tombol Add A Property
  3. Muncul halaman untuk melalukan Verifikasi. Pilih Alternate Methods.
  4. Pada Alternate Method pilih HTML Tag. Anda akan lihat sebuah kode HTML yang pada bagian content merupakan kode yang harus Anda masukkan ke dalam Blog pada bagian bawah <head>
  5. Anda juga dapat membuka pengaturan Blog milik Anda baik Blog berbasis Blogger atau WordPress self hosting. Khusus untuk Blogger, Anda dapat masuk ke dalam pengaturan Themes>>Edit HTML>> lalu cari kode <head> dan letakkan pada bagian meta google yang ada di dalamnya. Sedangkan pada WordPress self hosting Anda dapat memasukkan kode contentnya saja ke dalam kolom Google Webmaster Tools di dalam menu All in SEO Pack yaitu sebuah plugin untuk membantu SEO WordPress.
  6. Jika sudah memasukkan kode content ke dalam Blog Blogger dan Wp (Wordpess), jangan lupa menyimpan hasil perubahan dengan klik Save. Lalu Anda dapat kembali lagi ke halaman Google Webmasters dan klik tombol VERIFY.
  7. Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi keberhasilan proses verifikasi, namun hal ini belum selesai. Anda dapat memasukkan sitemap Blog dengan menuju ke dalam menu Crawl>>Sitemaps.
  8. Jika sudah masuk ke dalam menu Crawl >> Sitemaps, masukkan sitemap.xml pada URL blog yang sudah didaftarkan tadi lalu klik Submit.
  9. Anda dapat tunggu dalam waktu 1-48 jam untuk proses Google melakukan crawl pada sitemap blog untuk terindeks ke dalam mesin pencarian Google.

Tentu saha tidak ada jaminan bahwa Website akan muncul pada halaman pertama Google, namun perlu tambahan teknik yang lain yang ada pada pembahasan web ini untuk bersaing dengan website yang lain di mesin pencarian Google.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close