Belajar SEOTIPS dan TRICK

3 Tips Membuat Konten yang SEO Friendly

3 Tips Membuat Konten yang Seo Friendly, Seperti yang sudah dibahas pada Postingan sebelumnya, ketika Anda sudah menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam konten. Konten ini beragam mulai dari judul, sub judul (jika ada), isi konten (artikel) dan keyword pada nama gambar.

3 Tips Membuat Konten yang Seo Friendly
3 Tips Membuat Konten yang Seo Friendly

Berikut ini adalah 4 tips membuat konten yang seo friendly

1. Teknik Membuat Judul SEO Friendly

Judul adalah salah stu teks yang memiliki potensi terindeks cepat di dalam mesin pencarian. Jika di dalam kode HTML, sebuah website judul memiliki susunan sebagai berikut ini.

<H1> Judul </H1>

H1 merupakan tampilan judul yang paling besar, dan semakin mengecil ukurannya ke <h2>,<h3>, dan seterusnya.

Beberapa trik yang perlu Anda perhatikan ketika menuliskan judul yang SEO Friendly yaitu :

  1. Gunakan kata kunci tertarget pada Judul. Misalkan “kostum”. Maka judul yang bisa Anda tuliskan adalah “Kostum Unik Untuk Hallowen” atau “Cara Merawat Kostum berbahan Rajut”, “Persewaan Kostum” dan masih banyak lagi.
  2. Letakkan kata kunci utama pada awal kalimat atau tengah kalimat judul. Hal ini untuk menghindari pemotongan kalimat pada URl Web. Khusus nya Website yang berbasis Blogger.
  3. Beberapa postingan Web cocok dengan judul berapa pertanyaan. Hal ini tidak lepas dari apa yang pengunjung cari di mesin pencarian. Misalkan “Dimana Letak Candi Borobudur ?”, “Bagaimana Cara Mencetak Label Undangan di MS Word ?”, dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Menentukan Keyword Jitu untuk SEO

2. Teknik Membuat Artikel SEO Friendly

Percayalah bahwa algoritma Google semakin pintar dan canggih. Sudah tidak bisa lagi menggunakan kata kunci tipuan di dalam artikel. Anda masih dapat menggunakan metode yang benar dan cukup berhasil dari beberapa teknik berikut ini :

  1. Kualitas dan keaslian konten perlu diperhatikan. Hal ini untuk menghindari Anda kalah start dengan artikel yang Anda kopi-paste di dalam Web. Jika Anda menggunakan konten Asli dan berbeda dengan isi artikel blog lain yang sejenis, maka persaingan kata kunci yang Anda gunakan dapat diandalkan.
  2. Buatlah internal link pada kata-kata kunci populer ke artikel posting Web Anda yang lain, Hal ini dapat meningkatkan SEO pad kata kunci tersebut, dan juga pengunjung dapat mudah membaca artikel yang ada kesesuaian dengan link yang Anda buat.
  3. Anda juga dapat memberikan teks tebal pada kata kunci yang Anda bidik.
  4. Terapkan metode LSI keyword (Latent Semantic Indexing Keyword), yaitu penggunaan keyword yang berkaitan dan bersinonim. Misalkan Anda membidik kata kunci “Trik Sulap”, lalu maksudnya trik sulap yang bagaimana ? Anda dapat menggunakan kata kunci berkaitan seperti: Trik sulap koin, trik sulap kartu, trik sulap untuk pemula, dan lain-lain. Hal ini dilakukan supaya artikel yang Anda buat kaya akan kata kunci yang berkaitan dan tidak terkesan diulang-ulang. Cara mudah untuk membuat LSI dari kata kunci yang dibidik gunakanlah pencarian Google, dan ketika mengetikkan kata kunci tersebut akan di tampilan kata kunci terkait yang semuanya dapat Anda masukkan ke dalam artikel.

3. Teknik SEO pada Gambar

Salah satu komponen lain yang menunjang SEO pada sebuah Web adalah gambar. Namun kebanyakan dari penggunanya mengabaikan pentingnya SEO pada gambar yang mereka unggah ke dalam Web.

Berikut ini beberapa trik untuk mengoptimalkan fungsi SEO pada gambar di dalam Web

  1. Berikan nama file sesuai dengan konten atau gambar yang diinginkan. Biasanya nama file foto memiliki nama tidak beraturan.
  2. Berikan caption pada gamabr, supaya caption tersebut dapat terindeks pada pencarian gambar atau pencarian teks di dalam mesin pencarian.
  3. Gunakan ALT teks pada kode HTML gambar. Hal ini bertujuan membantu menterjemahkan gambar ke dalam mesin oencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda inginkan. Pada Web WordPress atau Blogger. Untuk menambahkan ALT ke dalam gambar. Anda dapat masuk ke dalam pengaturan HTML gambar, lalu sisipkan teks ALT keyword ke dalamnya.
  4. Selain kode ALT pada gambar, Anda juga dapat tambahkan anchor “title”. Sisipkan kata kunci yang berhubungan dengan gambar. Hal ini membantu gambar menjadi SEO Friendly, karena teks title ini akan tampak melayang pada gambar ketika mouse diarahkan ke dalam gambar. Teks inilah yang dibaca oleh mesin pencarian sebagai kata kunci.

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close